Rangkuman Materi Kelas 2 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2

 Cara Bertumpu dengan Tangan

Gerakan bertumpu dengan tangan
Ketiga gerakan di atas merupakan gerakan bertumpu pada tangan yang biasa dilakukan saat senam lantai.

Gerakan pertama dilakukan dengan posisi badan tidur menghadap ke bawah, kedua tangan bertumpu pada tanah, kedua kaki lurus menempel di tanah, dan kepala menongak ke atas.

Gerakan kedua dilakukan dengan posisi badan tidur menghadap ke bawah, kedua tangan bertumpu pada tanah, kedua kaki lurus bertumpu pada tumit, dan badan diangkat.

Gerakan ketiga dilakukan dengan posisi badan menghadap ke tembok, kedua tangan bertumpu pada dinding, kemudian kedua tangan ditekuk.

​Sikap yang sesuai dengan sila Pertama Pancasila (Ketuhanan Yang Maha Esa)

Berdoa sebelum makan
Berdoa sebelum makan

Sembahyang
Sembahyang di Pura

hidup rukun
Hidup rukun dengan teman yang berbeda agama

Contoh sikap yang sesuai sila pertama Pancasila yang lain misalnya:
  • Berdoa sebelum dan sesudah belajar
  • Tri Sandya 3 kali sehari
  • Mengharga teman yang berbeda agama dalam menjalankan ibadahnya
Contoh Cerita Pengamalan sila pertama dari siswa kelas 2 SDN 3 Baluk.

Sembahyang di Pura Dalem
Karya: Febby
Beberapa hari yang lalu, aku dan keluarga pergi sembahyang ke Pura Dalem. Ibuku membawa banten. Aku dan adik membawa canang dan dupa. Upacara dipimpin oleh Jero Mangku. Selesai sembahyang kami langsung pulang ke rumah.

Berdoa Sebelum Makan
Karya: Vidia
Kemarin sebelum makan bersama keluarga, saya berdoa. Setelah berdoa, saya makan sampai habis. Setelah makan saya mencuci tangan dan piring.

Ungkapan Permintaan Maaf

contoh permintaan maaf

Percakapan di atas merupakan contoh percakapan yang berisikan ungkapan permintaan maaf. Beni mengungkapkan maaf dengan kata, "Ayah, Beni meminta maaf"

Demikian pembelajaran kita kali ini, sampai bertemu peada pembelajaran selanjutnya.
Tetap semangat belajar.

I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Rangkuman Materi Kelas 2 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel