Rangkuman Materi Kelas 2 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 2

Ungkapan Permintaan Maaf

Bacalah percakapan berikut!

Beni : “Dayu, bolehkah saya pinjam penggarismu? sebentar saja.”

Dayu : “Maaf, Beni. Penggarisku sedang digunakan oleh Lani. Coba saja pinjam ke Lani.”

Beni : “Baiklah, aku akan coba pinjam ke Lani. Terima kasih Dayu.”

Dayu : “Sama-sama Beni.


Percakapan di atas berisi ungkapan permintaan maaf Dayu yang tidak dapat meminjamkan penggaris kepada Beni karena penggarisnya sedang digunakan oleh Lani.

Contoh Sikap yang menunjukkan Sila Keempat Pancasila

Sila keempat Pancasila berbunyi: Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

Contoh sikap yang menunjukkan sila Keempat Pancasila, yaitu:

  1. Memilih pengurus kelas dengan musyawarah atau memungut suara terbanyak
  2. Menyelesaikan masalah dengan cara musyawarah
  3. Mendengarkan pendapat teman atau guru
  4. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain
  5. Menghormati hak orang lain dalam memberikan pendapat
Contoh Cerita Pengalaman siswa kelas 2 SDN 3 Baluk dalam menerapkan sikap sila keempat Pancasila di sekolah:
Memilih Ketua Kelas
Karya: Febby

Pada hari Senin, Pak Guru bersama seluruh siswa memilih calon ketua kelas. Kami memilihnya dengan cara musyawarah. Waktu itu saya, Dayu, dan Ayu Sastra menjadi calon ketua kelas. Semua siswa memilih ketua kelas dengan cara mengangkat tangan. Saya mendapat 4 suara, Dayu mendapat 2 suara, dan Ayu Sastra mendapat 1 suara. Akhirnya saya menjadi ketua kelas.

Pemilihan Ketua Kelas
Karya: Mela

Saya Mela, akan menceritakan pengalaman saya dalam memilih ketua kelas. Pada saat saya mulai sekolah normal, Pak guru meminta agar ada ketua kelas di kelas 2. Pak guru menulis nama-nama calon ketua kelas di papan tulis. Teman-teman pun memilih Febby jadi ketua kelas, Ayu sebagai wakil ketua kelas, Dayu menjadi Bendahara, dan saya menjadi sekretaris. Begitu pengalaman saya, saat pemilihan ketua kelas. Terima kasih.

Variasi Gerak Berpindah Tempat

Perhatikan gambar!
Gerakan ke samping kiri dan kanan

Gerakan meloncat ke depan

Gerakan guling ke depan

Demikian pembelajaran kali ini, sampai bertemu pada pembelajaran selanjutnya. Tetap semangat belajar dari rumah.
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Rangkuman Materi Kelas 2 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel