Rangkuman Materi Kelas 2 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 6

Contoh Sikap Sila Ketiga Pancasila (Persatuan Indonesia)

Perhatikan percakapan berikut!

pengamalan sila 3 Pancasila

Dari percakapan di atas, dapat diketahui beberapa contoh penerapan sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila, yaitu:

  • Hidup rukun antar anggota keluarga (belajar bersama kakak, menyiram bersama kakak, makan bersama keluarga)
  • mengutamakan kepentingan keluarga
  • tidak memaksakan kehendak
  • saling menyayangi, saling menolong, saling menghormati, dan saling menghargai
  • gotong royong di antara anggota keluarga
  • menjaga dan memelihara harta benda keluarga
Berikut merupakan beberapa contoh cerita pengamalan sikap sila Ketiga Pancasila di rumah dari siswa kelas 2 SDN 3 Baluk.
Belajar Bersama Adik
Karya: Febby

Pada hari Minggu, aku dan adikku belajar bersama. Adikku menggambar rumah dan aku menggambar pemandangan. Selesai menggambar, kami beristirahat. Kami minum air putih bersama.

Menyiram Bunga Bersama Kakak
Karya: Ditya

Pada hari Minggu, saya menyiram bunga bersama kakak. Saya menyiram bunga dengan selang. Selesai menyiram bunga, saya dan kakak beristirahat.

Menyiram Bunga Bersama Adik
Karya: Riyani

Pada hari Minggu, aku bersama adik menyiram bunga di halaman rumah. Selesai menyiram bunga, aku mencuci tangan.

Membaca Puisi

Bacalah puisi berikut!
puisi hujan

Pada puisi di atas, terdapat beberapa kosakata baru. Berikut beberapa kosakata dan maknanya yang mungkin baru bagi anak-anak.
  • Kepalang berarti tanggung atau tidak cukup atau kurang
  • Basah berarti mengandung air
  • Tergenang berarti berhenti mengalir
  • Berhenti berarti tidak bergerak
  • Lebat berarti deras dan banyak
Berikut beberapa contoh puisi bertemakan alam yang dibuat oleh siswa kelas 2 SDN 3 Baluk.
Kupu-Kupu yang Indah
Karya: Dayu Sekarningsih
Kupu-kupu
engkau selalu terlihat di mataku
Warnamu merah juga ungu
Dia cantik sekali
Aku terpesona dengannya
Dia diam di bunga

Belalang yang Indah
Karya: Riyani
Oh cantiknya belalang
Ketika kulihat di daun
Dia terbang ke daun lain
dan dia memakan daun yang hijau

Alat Ukur Panjang

Penggaris dan meteran adalah alat ukur panjang. Alat ukur lainnya jangka sorong dan mikrometer sekrup.

Demikianlah pembelajaran kita hari ini, untuk menguji pemahamanmu tentang materi tema 5 subtema 1 dapat mencoba mengerjakan latihan soal PH berikut. 


Agar lebih siap dalam mengerjakan soal PH, anak-anak dapat membaca kembali Materi Kelas 2 Tema 5 Subtema 1

I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Rangkuman Materi Kelas 2 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 6"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel