Sejarah Uang

asal mula uang

Asal-Usul Uang

Pada awalnya, manusia belum mengenal kegiatan tukar-menukar karena pada zaman dahulu, setiap orang mampu memenuhi kebutuhannya dengan usaha mereka sendiri. Pada zaman dahulu, manusia akan berburu jika ia lapar, mereka juga membuat pakaian sendiri, dan bercocok tanam untuk mendapatkan bahan makanan. 

Namun, apa yang mereka produksi (hasilkan) ternyata tidak cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhannya. Kemudian mereka mencari orang yang mau bertukar barang dengan barang yang mereka butuhkan. Dari sinilah muncul sistem Barter, yaitu pertukaran barang dengan barang. 

Karena sistem barter mempunyai banyak kekurangan, salah satunya adalah sulitnya mencari orang yang mau menukarkan barangnya, maka digunakan benda-benda tertentu sebagai alat tukar. Biasanya benda-benda yang digunakan mempunyai nilai yang tinggi dan dibutunkan masyarakat. 

Dahulu, bangsa Romawi menggunakan garam sebagai alat tukar, yang pengaruhnya masih terlihat sampai sekarang. Upah dalam bahasa Inggris disebut Salary yang berasal dari bahasa latin, yaitu Salarium yang berarti garam.

Meskipun alat tukar sudah ada, tetapi masih saja banyak terjadi kesulitan, seperti kurangnya daya tahan benda-benda tersebut, sehingga tidak tahan lama. Kemudian digunakanlah logam berupa emas dan perak sebagai alat tukar karena mempunyai nilai tinggi dan tahan lama.

Sejalan dengan perkembangan ekonomi, penggunaan logam sebagai alat tukar mengalami kesulitan, yaitu penggunaan uang logam susah dilakukan untuk transaksi dengan jumlah yang besar. Kemudian diciptakanlah uang kertas sebagai bukti-bukti kepemilikan emas dan perak. 

Selanjutnya manusia tidak lagi menggunakan logam secara langsung sebagai alat tukar. Mereka menggunakan uang kertas bukti kepemilikan emas dan perak sebagai alat tukar, yang selanjutnya menjadi cikal bakal uang kertas yang kita gunakan sebagai alat tukar saat ini.

Kapankah Manusia Mulai Mengenal Konsep Uang?

Manusia mulai mengenal konsep uang ketika manusia mulai mengenal sistem barter, yaitu pertukaran barang dengan barang.

Bagaimanakah bentuk uang pada masa itu?

Bentuk uang saat itu, masih berupa barang-barang yang dimiliki manusia.

Mengapa manusia menciptakan uang?

Manusia menciptakan uang agar lebih mudah dalam melakukan pertukaran barang atau transaksi.

Bagaimana cara manusia memenuhi kebutuhan saat belum ada konsep uang?

Saat belum ada konsep uang, manusia memenuhi kebutuhannya dengan usaha mereka sendiri, misalnya dengan berburu dan bercocok tanam. 

Sumber Youtube KHT (Kamu Harus Tahu)

Demikian yang dapat Kelas Virtualku bagikan, semoga dapat menamnbah pengetahuan. Salam Edukasi.

I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Uang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel