Air sebagai Sumber Energi Listrik

Pembangkit listrik tenaga air
Gambar Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)
(Sumber: Buku Siswa Kelas IV Tema 9 Kurikulum 2013)

Air mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Salah satunya sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). 

Di Indonesia, PLTA merupakan salah satu upaya untuk memenuhi pasokan listrik masyarakat. Untuk itu, dibangunlah banyak bendungan untuk menampung air. Bendungan merupakan salah satu rangkaian dalam membuat PLTA. Aliran air dari bendungan digunakan untuk menggerakkan turbin  yang akan membangkitkan energi listrik.

Air menyimpan energi yang cukup besar. Aliran air mampu menggerakkan kincir yang dibangun di dekat sungai. Kincir-kincir ini akan dihubungkan dengan generator untuk menghasilkan listrik. Semakin deras aliran air, maka semakin kencang putaran kincir, dan semakin besar pula energi listrik yang dihasilkan. 

Dengan tersedianya PLTA, maka ketersedian energi listrik di rumah-rumah akan terpenuhi. Kitapun dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-hari, seperti menghidupkan lampu, Televisi, Setrika, dan lain sebagainya.

Di Bali telah dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), tepatnya berada di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Berikut videonya.


Bagaimana cara membuat PLTA secara sederhana? Tonton video berikut!

I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Air sebagai Sumber Energi Listrik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel