Materi Matematika Kelas 3 Tema 7 Subtema 2 Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar.

Anak-anak, kali ini kita belajar tentang simetri lipat dan simetri putar bangun datar, penjelasan tentang simetri lipat dan simetri putar sebagai berikut.

Simetri Lipat adalah jumlah lipatan yang dapat dibentuk oleh suatu bidang datar menjadi dua bagian yang sama besar. Agar memiliki simetri lipat, bangun datar harus memiliki sumbu simetri. Sumbu Simetri adalah garis yang membagi suatu bangun datar memjadi dua bagian yang sama besar. Untuk mencari simetri lipat dari suatu bangun datar, dapat dilakukan sebuah percobaan dengn membuat potongan kertas yang ukurannya mirip dengan yang kan diuji coba. Lipat kertas tersebut menjadi dua bagianyang sama besar. Jika suatu bangun datar dapat dilipat menjadi dua, sehingga lipatan yang satu dapat menutupi bagian yg lain dengan tepat, maka dapat dikatakan bangun tersebut memiliki simetri lipat.

Simetri Putar adalah jumlah putaran yang dapat dilakukan terhadap suatu bangun datar dimana hasil putarannya akan membentuk pola yang sama seperti pada saat sebelum diputar, namun bukan kembali ke posisi awal. Sebuah bangun memiliki simetri putar apabila terdapat satu titik pusat dan bangun itu bisa diputar kurang dari satu putaran penuh, sehingga bayangannya berada tepat pada bangun semula. Percobaan dapat dilakukan seperti pada percobaan simetri lipat, namun caranya dengan memutar kertas yang telah dibentuk. Jika suatu bangun datar diputar melalui pusatnya dan dapat tepat menempati tempat semula, maka bangun tersebut mempunyai simetri putar. Banyaknya bangun tersebut menempati tempat semula dalam sekali putaran menunjukkan jumlah simetri putar, arah perputaran mengikuti arah jarum jam.

Berikut ini simetri lipat, simetri putar dan sumbu simetri beberapa bangun datar :
No
Nama bangun datar
Simetri lipat
Simetri putar
Sumbu simetri
1
Segitiga sama kaki
1
-
1
2
Segitiga sama sisi
3
3
3
3
Persegi panjang
2
2
2
4
Persegi
4
4
4
5
Jajar genjang
-
2
-
6
Trapesium sama kaki
1
-
1
7
Trapesium siku-siku
-
-
-
8
Layang-layang
1
-
1
9
Belah ketupat
2
2
2
10
Lingkaran
Tak terhingga
Tak terhingga
Tak terhingga

Agar lebih jelas, anak-anak dapat menonton video berikut ini!



Bagaimana, sudah paham tentang simetri lipat dan simetri putar bangun datar?

Untuk menguji pemahaman, kalian bisa mengerjakan soal-soal berikut. Namun, sebelum mengerjakan soal, ini nama lengkap, kelas, dan sekolah ya! Setelah itu klik berikutnya, baru soal akan muncul dan kalian dapat penjawab. Setelah selesai menjawab klik kirim.




Setelah selesai menjawab, kalian dapat melihat nilai dengan mengklik lihat skor atau dengan me-refresh halaman ini dan melihat pada table berikut!



Demikian pembelajaran tentang simetri lipat dan simetri putar kita hari ini, sampai ketemu di pembejaran berikutnya.
Tetap semangat belajar dirumah ya!



Belum ada Komentar untuk "Materi Matematika Kelas 3 Tema 7 Subtema 2 Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel