Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat bermanfaat dalam menunjang proses pembelajaran.  TIK dapat digunakan sebagai media, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan dapat meningkatkan motivasi, proses, dan hasil belajar siswa. TIK yang dapat dimanfaatkan, misalnya melihat tayangan materi (Powerpoint) melalui laptop dan LCD Proyektor, mencetak laporan hasil diskusi melalui printer, membuat video hasil observasi dengan kamera atau kamera HP, mencari sumber belajar melalui internet dan lain sebagainya.

Guru di sekolah dasar dapat memulainya dari hal yang paling sederhana, misalnya dengan membuat media PorwerPoint. Jika belum memiliki LCD proyektor, dapat ditampilkan melalui laptop. Jika sudah mempunyai, maka akan lebih mudah lagi.

Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran
Gambar Pemanfaatan TIk dalam Pembelajaran

Guru juga dapat memanfaatkan Smartphone-nya. Saya yakin di era digital ini, semua guru pasti sudah mempunyai gawe android. Guru dapat memanfaatkannya untuk membuat media, seperti mengambil foto, dan merekam video. Guru juga dapat mencari bahan ajar lewat Smartphone. Beberapa Smartphone juga sudah mempunyai fasilitas sebagai thetaring hotspot, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai wifi untuk koneksi laptop, agar lebih mudah mencari materi pembelajaran.

Video Pembelajaran dengan memanfaatkan TIK
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel