Materi Bahasa Indonesia Kelas 3 Tema 7 Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan

Anak-anak, kali ini kita akan belajar mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi. Untuk lebih jelasnya, bacalah dengan cermat teks dibawah ini.

Teknologi produksi adalah teknik perindustrian dengan menggunakan mesin-mesin. Perkembangan teknologi dari masa kemasa mempermudah kegiatan yang dilakukan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Pada zaman dahulu semua orang tergantung hidupnya dengan lingkungan sekitar. Misalnya teknologi melolah sawah, dahulu orang menggunakan kerbau untuk membajak, namun sekarang menggunakan traktor. Dalam membuat pakaian, dahulu dengan cara memintal benang dari kapas, kemudian dari benang lalu ditenun secara tradisional. Setelah jadi lalu dibawa kepenjahit dan jadilah pakaian yang diinginkan. Jika orang sakit cukup mengambil daun-daun atau tumbuhan yang ada di sekitar lalu diminum. Tetapi pada saat ini orang sakit dibawa ke dokter untuk diobati.

Pada zaman dahulu orang masih menggunakan cara tradisional dalam membuat atau melakukan suatu pekerjaan, semakin majunya zaman, semakin banyak teknologi modern yang dapat mempermudah hidup manusia. Contohnya teknologi pangan. Teknologi pangan adalah suatu teknologi yang menerapkan ilmu pengetahuan tentang bahan pangan khususnya setelah panen guna memperoleh manfaatnya sebaik mungkin sekaligus dapat meningkatkan nilai tambah dari pangan tersebut. Pangan adalah kebutuhan pokok manusia yang biasanya berasal dari tumbuhan ataupun hewan yang dimakan oleh makhluk hidup untuk bertahan hidup.

Agar lebih jelas, anak-anak dapat menonton video berikut ini!



Bagaimana, sudah paham tentang teknologi produksi?

Untuk menguji pemahaman kalian, bisa mengerjakan soal-soal berikut. Namun, sebelum mengerjakan soal, isi nama lengkap, kelas, dan sekolah ya! Setelah itu klik berikutnya, baru soal akan muncul dan kalian dapat menjawabnya.Setelah selesai menjawab, klik kirim.

Setelah selesai menjawab, kalian dapat melihat nilai dengan mengklik lihat skor atau dengan me-refresh halaman ini dan melihatnya pada tabel berikut.






Demikian pembelajaran kita hari ini, sampai ketemu di pembelajaran berikutnya.
Tetap semangat belajar di rumah.

Belum ada Komentar untuk "Materi Bahasa Indonesia Kelas 3 Tema 7 Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel