Materi Kelas 4, 5, dan 6 Belajar dari Rumah Bersama TVRI,Selasa 21 April 2020 Interaksi Makhluk Hidup

Halo anak-anak kelas 4, 5, dan 6!
Apa sudah menonton tayangan materi untuk hari ini di TVRI?
Apakah sudah paham dengan materinya?
Jika belum, anak-anak dapat membaca ringkasan berikut dan juga menonton videonya lagi ya!
Selamat belajar!

Rantai dan Jaring-Jaring Makanan

Rantai makanan adalah suatu peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup dengan urutan tertentu (transfer energi). Dalam suatu rantai makanan ada makhluk hidup yang berperan sebagai Produsen, Konsumen, dan Pengurai.

Contoh rantai makanan:
Padi dimakan oleh tikus. Tikus dimakan ular. Ular dimakan burung elang. Kemudian burung elang mati diuraiakan oleh organisme pengurai.

Kumpulan dari berbagai rantai makanan disebut dengan jaring-jaring makanan.

Untuk lebih jelas dapat menonton video berikut.



Interaksi dalam Jaring-Jaring Makanan

Dalam jaring-jaring makanan, terdapat 3 peran makhluk hidup, yaitu sebagai produsen, konsumen, dan pengurai.

Produsen adalah mahkluk hidup yang mampu mengubah zat anorganik menjadi zat organik atau dapat membuat makanannya sendiri dengan bantuan sinar matahari (Fotosintesis). Contohnya adalah tumbuhan.

Konsumen Tingkat 1 adalah organisme yang tidak dapat membuat makanannya sendiri dan bergantung pada organisme lain (produsen). Contohnya adalah binatang herbivora (pemakan tumbuhan), seperti sapi, kambing, kuda, dll.

Konsumen Tingkat 2 dan 3 (organisme trofik ketiga) merupakan konsumen sekunder, yaitu hewan karnivora (pemakan daging) dan Omnivora (pemakan tumbuhan dan daging). Contoh hewan karnivora yaitu serigala, harimau, ular, elang, dll.

Pengurai adalah organisme yang bertugas menguraikan organisme yang sudah mati menjadi zat yang dibutuhkan oleh tanah. Contoh pengurai adalah jamur, bakteri, cacing tanah, belatung, dll.

Proses rantai makanan akan berulang, dimana unsur yang telah diuraikan akan dimanfaatkan lagi oleh tumbuhan untuk membuat makanan melalui proses fotosintesi.

Untuk lebih jelas dapat menonton video berikut.



Hubungan Interaksi Mahkluk Hidup  dalam suatu habitat yang mendiami suatu ekosistem.

Hubungan Mutualisme adalah bentuk hubungan antar makhluk hidup yang saling menguntungkan satu sama lainnya. Contoh antara bunga dan kupu-kupu, dimana kupu-kupu membantu penyerbukan bunga dan bunga menyediakan nektar dan sari-sari makanan yang dibutuhkan oleh kupu-kupu.

Hubungan Parasitisme adalah bentuk hubungan yang merugikan yang dialami oleh salah satu organisme mahluk hidup sedangkan yang lain diuntungkan. Contohnya Benalu dengan pohon Inangnya.

Hubungan Komensalisme adalah hubungan antara organisme, salah satu diuntungkan namun yang lainnya tidak dirugikan dan tidak juga diuntungkan. Contohnya ikan Ramora kecil yang menempel pada ikan Hiu.

Untuk lebih jelas dapat menonton video berikut.



Untuk menguji pemahaman anak-anak, dapat mengerjakan soal berikut ya!



Setelah mengirim jawaban, anak-anak dapat melihat jawaban pada link berikut!


Demikian pembelajaran hari ini, sampai bertemu pada pembelajaran berikutnya.
Tetap semangat belajar di rumah.
I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Materi Kelas 4, 5, dan 6 Belajar dari Rumah Bersama TVRI,Selasa 21 April 2020 Interaksi Makhluk Hidup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel