Materi PPKn Kelas 3 Tema 7 Subtema 1 Keberagaman Karakteristik Individu Di Lingkungan Sekitar

Anak-anak, kali ini kita belajar tentang keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar. Penjelasan tentang keberagaman karakteristik individu sebagai berikut

Keberagaman manusia dimaksudkan bahwa setiap manusia memiliki perbedaan. Perbedaan itu itu ada karena manusia adalah makhluk individu yang setiap individu memiliki ciri-ciri khas atau karakteristik tersendiri. Karakteristik seseorang menunjukkan sifat atau ciri khas yang dimiliki seseorang, sehingga dapat membedakan antara orang yang satu dengan lainnya. Sifat khas yang dimiliki oleh setiap manusia ini merupakan sebuah karunia dari Tuhan Yang Maha Esa. Pada hakikatnya setiap manusia adalah makhluk yang unik, pasti ada perbedaan antara yang satu dengan lainnya. Perbedaan ini dapat dijadikan suatu langkah untuk saling menerima dan menghargai satu sama lain.

Keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar ​, antara lain
1. Jenis kelamin.
2. Ras / suku
3. Agama
4. Hobi / kegemaran,
5. Watak / karakter
6. Usia , dan lain-lain

Indonesia memiliki masyarakat yang majemuk, setiap masyarakatnya memiliki beragam karakteristik yang berbeda. Sebagai bagian dari suatu masyarakat yang memiliki perbedaan antara masyarakat lainnya, kita harus mensyukuri keberagaman setiap individu, karena setiap keberagaman yang dimiliki setiap orang merupakan anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa. Kita tidak boleh menindas, merendahkan atau mengejek karakteristik yang dimiliki orang lain. Kita harus menanamkan sikap toleransi,saling menerima,membantu, dan menghargai agar hidup kita nyaman dan damai.

Agar lebih jelas, anak-anak dapat menonton video tentang keberagaman karakteristik berikut ini!


Bagaimana, kalian sudah paham tentang keberagaman karakteristik individu?

Untuk menguji pemahaman, kalian bisa mengerjakan soal-soal berikut ini yaa! Namun, sebelum mengerjakan soal, isi dulu nama lengkap, kelas, dan sekolah kalian. Setelah itu klik berikutnya, baru setelah itu soal akan muncul dan kalian dapat menjawabnya. Jika sudah selesai menjawab, klik kirim.




Setelah selesai menjawab, kalian dapat melihat nilai dengan mengklik lihat skor atau me-refresh halaman ini dan melihatnya pada tabel berikut.





Demikian pembelajaran kita hari ini, sampai ketemu di pembelajaran berikutnya.
Tetap semangat belajar di rumah.

Belum ada Komentar untuk "Materi PPKn Kelas 3 Tema 7 Subtema 1 Keberagaman Karakteristik Individu Di Lingkungan Sekitar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel