Contoh Cerita Gambar Berseri

 

(Sumber: Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka, 2021)

Cerita 1

Suatu hari, Pak Andi mendayung perahunya sembari membawa bambu dan bahan lainnya untuk membuat rumah. Pak Andi meminggirkan perahunya di sebuah tempat. Setelah itu, Pak Andi melihat pemandangan disekitar yang cukup indah. Ia pun mulai membangun rumahnya menggunakan bahan-bahan yang telah di bawa. Tetapi, tiba-tiba tanaman di sekitarnya telah dirusak oleh gajah liar. Pak Andi merasa tidak nyaman. Kemudian, Pak Andi memutuskan untuk mencari tempat lain. Ia pun mendayung perahunya kembali dan akhirnya menemukan tempat yang nyaman. Kemudian, Pak Andi mulai membangun rumahnya kembali dan akhirnya rumah Pak Andi selesai. Ia sangat sangat senang.

(Karya Gian yang direvisi oleh I Wayan Ardika)

Cerita 1

Suatu hari Pak Rudi menaiki perahu untuk mencari tempat tinggal. Ia menemukan tempat yang menurutnya bagus. Ia pun meminggrikan perahunya. Pak Rudi mulai memotong pohon pisang sambil melihat pemandangan di sekitar yang cukup indah. Kemudian, ia mulai membangun rumah dengan alat-alat yang ia bawa di perahu. Setelah rumahnya selesai, ia mulai tinggal di sana. Di dekat rumah, Pak Rudi menanam pohon pisang. Pisangnya tumbuh dengan subur. Tetapi, suatu hari pohon-pohon pisangnya telah dirusak oleh kawanan gajar liar. Pak Rudi sedi. Ia pun merasa tidak nyaman lagi. Kemudian Pak Rudi memutuskan untuk mencari tempat tinggal baru. Ia kembali menaiki perahu sambil membawa bahan-bahan untuk membuat rumah baru. Hingga ia sampai di suatu tempat yang dianggap nyaman dan aman. Setelah istirahat sejenak, Pak Rudi kembali membangun rumahnya hingga selesai. Pak Rudi merasa senang tinggal di tempat yang baru.

(Karya Aryan yang direvisi oleh I Wayan Ardika)

Cerita 3

Dengan menaiki perahu, Pak Mamar pergi mencari tempat tinggal. Sampai ditempat yang menurutnya bagus, Pak Mamar meminggirkan perahunya. Ia mengikatkan perahunya pada sebuah Batu. Ia pun mulai membersihkan pohon pisang yang ada di sekitar sambil melihat pemandangan yang indah. Setelah itu, Pak Mamar mulai membangun rumah menggunakan bahan-bahan yang telah ia bawa di perahu. Rumahnya pun selesai, ia sangat Bahagia. Namun, suatu hari Pak Mamar menemukan tanamannya telah dirusak oleh Binatang liar. Ia sangat sedih dan merasa tidak aman lagi untuk tinggal di sana. Pak Mamar pun memutuskan untuk mencari tempat tinggal baru yang lebih nyaman. Ia kembali menaiki perahu sambil membawa bahan-bahan untuk membuat rumah baru. Hingga ia sampai di suatu tempat yang dianggap bagus. Setelah istirahat sejenak, Pak Mamar kembali membangun rumahnya hingga selesai. Pak Rudi merasa senang tinggal di tempat yang baru dengan dikelilingi pohon pisang.

(Karya Lintang yang direvisi oleh I Wayan Ardika)


I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Cerita Gambar Berseri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel