Mengenal Google Workspace for Education untuk Siswa

mengenal akun belajar

Pengantar Google Workspace for Education

Dengan Google Workspace for education, kita dapat mengakses dan menggunakan aplikasi-aplikasi google dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dapat menggunakan Google Docs untuk menulis esai, Google Formulir untuk membuat survei atau kuis daring, Google Drive untuk menyimpan file dan membuat file baru.

Google Drive

Google drive adalah sebuah penyimpanan cloud yang dimiliki oleh Google. Google drive sangat fleksibel dan dapat diakses dari mana saja, asalkan tahu user dan paswordnya.

File atau folder di Google Drive dapat dibagikan dengan 3 pilihan akses, yaitu sebagai editor, pelihat, dan pengomentar.

Google Drive dapat digunakan untuk menyimpan dan mengatur file penting, membuat presentasi dan dokumen teks, serta berbagi file dengan orang lain.

Google Meet

Melalui Google Meet, kita dapat melakukan panggilan video dengan orang lain. Google Meet dapat diakses melalui smartphone, laptop, dan tablet. 

Google Meet dengan akun Google Workspace for Education dapat menampung hingga 100 orang dan tak terbatas waktu.

Pada Google Meet, kita dapat mengaktifkan microfon dan kamera. Tanda silang pada microfon atau kamera berarti sedang tidak aktif dan dapat diaktifkan kembali.

Google Slides

Google Slides dapat dibuat di Google Drive. Caranya buka Google Drive, kemudian klik + atau Baru, lalu klik Google Slides. 

Di Google Slide, kita dapat membuat kotak teks dan mengatur ukurannya sesuai keperluan. Goolgle Slide dapat dikatakan sebagai alat terbaik uktuk menampilkan  informasi dan gambar kepada orang lain. Saat mempresentasikan slide, kita dapat mengontrol slide dengan menggeser bolak-balik di layar. 

Google Dokumen

Google Dokumen merupakan aplikais terbaik untuk mengedit teks. Kita dapat menyesuaikan teks di Google Dokumen dengan cara mengubah font, mengubah warna, dan mengubah ukurannya. 

Kita juga dapat menambah komentar di Google Dokumen, caranya pilih dulu teks yang mau dikomentari, kemudian klik komentar. Lalu ketikkan komentarnya.

Agar dokumen yang dibuat lebih mudah ditemukan, dokumen dapat di beri nama.

Google Formulir

Google Formulir merupakan alat terbaik untuk membuat survei atau kuis daring. Kita dapat memanfaatkan beberapa menu pertanyaan, misalnya jawaban singkat untuk meminta nama dan Pilihan ganda untuk memberikan pilihan jawaba tetapi hanya satu jawaban yang benar.

Pertanyaan yang telah dibuat dapat diedit kembali jika ada kesalahan ketika membuat formulir, setelah melihat pratinjau, bahkan setelah mengirimkan formulir kepada orang lain.

Dengan google formulir, kita dapat mengetahui jumlah anggota kelas yang mengisi survei dengan cepat.

Google Classroom

Kita dapat bergabung ke dalam kelas di Google Classroom dengan menggunakan kode kelas, link, atau juga dapat langsung diundang menggunakan akun gmailnya.

Pada bagian forum, kita dapat mengajukan pertanyaan dan berdiskusi. Saat guru mengirim pesan atau pemberitahuan, anggota kolas dapat membalasnya. Siswa dapat menggunakan Google Classroom untuk berbagi materi dan tugas.

Google Site

Dengan Google Site, kita dapat membuat situs sendiri. Kita dapat menambahkan gambar, video, file ke dalam Google Site.

Saya dapat mengatur situs yang saya buat dengan memilih font, warna font, menambah gambar, dan memindahkan berbagai hal ke tempat yang diinginkan dari Google Drive.

Demikian materi yang dapat Kelas Virtualku bagikan tentang Google Workspace for Education (Akun belajar). Semoga bermanfaat.

I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

0 Response to "Mengenal Google Workspace for Education untuk Siswa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel